Orange

Kayaknya 4 tahun lalu saya sempat janji mau review manga ini setelah selesai skripsi ya. Oke, sekarang saya akan penuhi janji dari sekian lama. Jujur setelah selesai baca ini, saya sadar bahwa manga ini cukup bikin baper sambil nggelundung di kasur. Jadi mari kita bahas manga berjudul “Orange (オレンジ)”. But, let me warn you, this post have major spoilers, so make sure you finished reading this manga first.

84f42879981f7fc44f4c2f29a759996a

Orange – Takano Ichigo

 

Orange adalah manga karya Takano Ichigo yang ditulis pada tahun 2012. Manga ini juga sempat mendapat nominasi dari Tezuka Osamu Cultural Prize tahun 2016. Wah, cukup lama juga ya dapetnya.

Tema manga ini cukup unik, yaitu time travel dan depression. Time travel itu terlihat ketika Takamiya Naho, siswi SMA berusia 16 tahun mendapat surat dari dirinya di masa depan. Naho dari masa depan menulis bahwa akan ada murid baru bernama Naruse Kakeru. Surat itu juga tertulis bahwa Naho menyesal karena tidak bisa menolong Kakeru 10 tahun yang lalu.

 

576b5df1f336dc8c8ede528976358803

Naho ketika mendapat surat dari dirinya, 10 tahun mendatang.

Saat itu Naho hanya menganggap itu surat iseng, tetapi akhirnya percaya juga setelah semua kejadian yang berhubungan dengan dirinya tertulis di dalam surat itu. Hari demi hari Naho berjuang sendiri mengubah masa lalunya agar dapat membuat Kakeru bahagia. Ketika kegagalan sempat menghampirinya, ternyata teman-temannya (Suwa Hiroto, Murasaka Azusa, Hagita Saku, dan Chino Takako) mendapat surat yang sama seperti milik Naho. Akhirnya mereka bersama-sama berjuang membantu Kakeru agar tidak terulang hal yang sama.

e1a494c610440b2994b400c16a96df1f

Surat-surat dari masa depan

Sempat berpikir juga mengenai time travel, pernah ketika saya sempat nonton seri Doctor Who dulu, ada waktu yang tidak bisa diubah seenaknya. Itu namanya fixed point of time kalau tidak salah. Terutama terhadap orang yang ditakdirkan mati pada suatu waktu, jika diubah akan menimbulkan paradoks. Nah, dalam manga ini pun juga dijelaskan mengenai paradoks jika mengubah masa depan seseorang. Dunia paralel pun ikut dimasukkan sebagai referensi dalam manga ini.

340f2837b2a65c26527b3f86e95c41e5

Paradoks dan dunia paralel

Berikutnya, tema tentang depresi. Sebelumnya mohon maaf saya kurang tahu mengenai psikologi tapi sempat mencari sedikit informasi mengenai depresi. Yang saya pahami tentang depresi itu, kesedihan yang tidak kunjung surut, sering merasa tidak berguna, dan yang menyebabkan itu semua umumnya adalah kehilangan orang yang paling disayangi, kehilangan teman, pekerjaan, dan lain sebagainya. Tambahan, orang yang mengalami depresi juga mulai tidak tertarik dengan hobi yang disukainya dan ingin menyingkirkannya.

Manga ini juga merepresentasikan tokoh Kakeru, yang terkena depresi karena kehilangan ibunya yang meninggal dengan cara bunuh diri dan juga sempat menjadi korban bullying ketika ikut klub sepakbola di sekolah lamanya (lihat di chapter 19). Kakeru memiliki rasa bersalah yang amat dalam sehingga mempengaruhi hubungan dengan teman-teman sekelasnya. Kakeru juga sering terlihat murung di manga, dan hanya tersenyum ketika bersama teman-temannya. Pada akhirnya kesedihan Kakeru tidak kunjung berhenti, semakin dia berpikir semakin sakit hatinya, meskipun dia berusaha sekuat tenaga untuk menjadi kuat dan memulai semuanya dari nol.

244aed9fefd719b1c1f2150a08e0df40

Kakeru yang bersedih karena merasa menyakiti temannya.

Pada akhirnya di samping time travel, menurut saya manga ini lebih menekankan bagaimana kita menghadapi orang dengan depresi dan selalu mendukung satu sama lain agar tidak sampai terjadi hal yang tidak diinginkan seperti bunuh diri. Salut deh buat pengarangnya, Takano-sensei. Rasanya wajar kalau dibuat anime sama live action, siap-siap tissue aja deh wuakaka. :’)

Mungkin yang penasaran sama adaptasinya bisa liat di gambar yang saya post ini.

orange-live-action-poster-oficial-outubro-726x400

Live action

tumblr_o2t0sgfxbf1uhxpi1o1_1280

Anime, tayang Summer 2016

Senang juga akhirnya manga ini berakhir dengan happy ending, meski tidak mengubah kenyataan bahwa Kakeru akhirnya hidup di dunia paralel, membuat Naho dan kawan-kawan bersungguh-sungguh ingin terus menyelamatkan Kakeru dari 10 tahun yang lalu. Oke sekian dulu postingan hari ini. By the way, surat untuk diri dari 10 tahun mendatang yaaaa……. duh jadi inget lagu ini. 😄

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s