A Little Bit Rant for Sailor Moon Crystal

Kayaknya setelah saya lulus mulai kehilangan semangat nulis review anime lagi. Baru kali ini ada niatan karena anime Sailor Moon Crystal ini. Jadi langsung saja saya mulai review (atau rant ya) tentang remake anime ini.

Sailor Moon Crystal merupakan anime buatan ulang yang digarap Toei untuk merayakan ulang tahun ke-20 penayangan Sailor Moon. Anime ini disiarkan ulang secara simultan di seluruh dunia oleh Nico-Nico Douga selama 2 minggu per episodenya. Jadi, kalau mau nunggu episode baru kayaknya kudu lamaan banget ahahaha.

Awalnya saya sangat mendukung sekali penayangan anime ini, karena ceritanya sudah bukan lagi filler ala Ikuhara-sensei yang panjang episodenya sampai 200-an dan mengganti ratingnya ke rating remaja. Ya, beberapa adegan di manga-nya memang nggak cocok ditonton anak-anak sih. Satu lagi yang bikin seneng yaitu anime ini disutradarai oleh Sakai Munehisa, tokoh dibalik penayangan Suite Precure. *sesama orang Toei gitu leh* Selain itu, beberapa seiyuunya seperti Ami Koshimizu, Hisako Kanemoto merupakan seiyuu yang pernah mengisi suara tokoh Precure.

Tapi ada hal yang membuatku kecewa saat menonton Sailor Moon Crystal. Transformasi 3D, jurus serangannya dan desain karakter terlihat sangat acak-acakan dan monoton. Tiga aspek yang saya anggap sangat vital untuk anime ini hancur sudah. Saya sendiri kurang suka transformasi 3D sebenarnya (kecuali untuk Sailor Mars, saya pikir tim animatornya sudah sangat niat). Ekspektasi saya untuk dapat melihat transformasi yang benar-benar fresh, tidak tergantung dengan anime Sailor Moon yang dulu….ternyata ya begini jadinya. Sampai arc Black Moon tak ada perubahan sedikit pun antara Sailor Moon dan Inner Senshi hanya pena dan brosnya saja.

joined photo

Jurus serangannya sebenarnya sudah hebat, terutama Inner Senshi. Saya kagum sama jurus barunya Sailor Mars dan Sailor Mercury. Kecuali Sailor Moon, Usagi berasa dikucilkan karena tidak bisa menampilkan jurus yang terlihat lebih fabulous seperti di Sailor Moon yang lama. Padahal saya sangat menantikan kekuatan sihirnya yang baru saat menggunakan Moon Healing Escalation atau Moon Princess Halation.

Kok cepet banget jurusnya uguuu

Character designnya juga termasuk parah dan sepertinya animatornya entah kenapa tidak cukup energi apa memang nggak niat ngerjain kecuali untuk Blu-Ray. Haduh.

Usagi the Cutest Princess

Usagi the Cutest Princess

Meskipun kecewa, tapi saya akui untuk cerita sudah sangat pas dengan manga-nya meski beberapa dimodifikasi demi memperbaiki pace cerita. Rumornya sih dimodifikasi dengan mengambil cerita dari Sailor Moon Musical (SeraMyu), tapi ya belum pasti juga. Jujur cerita dan panel di versi manga-nya terbilang terlalu cepat sehingga bikin saya bingung sendiri. Bersyukur deh buat kerja keras Toei untuk penyesuaian cerita. Semoga setelah ini bisa lanjut ke tiga arc selanjutnya (Infinity, Dreams, dan Stars) dan setidaknya mengganti transformasi serta jurus yang lebih baru. *hanya bisa berharap*

Saya rasa sekian untuk postingan kali ini. Mungkin bila ada waktu saya akan menulis lagi review anime dan manga yang baru. Mudah-mudahan saja. 😀

Leave a Reply

